About Me

Foto Saya
Amatullah bintu Yusuf
Just Amatullah (servant of ALLAH)
Lihat profil lengkapku

Selasa, 19 Juli 2011

Jenis-Jenis Anggrek


Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki populasi anggrek spesies paling banyak. Hutan belantara Indonesia menyimpan lebih dari 5000 anggrek spesies alam. Hutan Kalimantan, Irian, Sulawesi dan Sumatera dikenal sebagai habitat sebagian besar anggrek spesies alam Indonesia.

1. Anggrek Spesies
Anggrek spesies adalah anggrek yang jenisnya masih asli atau belum disilangkan. Beberapa anggrek spesies justru telah dilindungi pemerintah agar tetap terjaga. Beberapa contoh anggrek spesies adalah sebagai berikut:

a. Coelogye pandurata (Anggrek Hitam)
Bunga didominasi warna hijau muda, yaitu pada sepal dan petal. warna hitam yang menjadi daya tarik terletak pada bagian labelum. Warna hitam pada lidah bunga Anggrek Hitam merupakan pembawa sifat hitam yang langka, warna hitam ini menjadi sumber pembawa sifat warna hitam yang di butuhkan oleh para ahli pemuliaan tanaman untuk menghasilkan silangan baru dengan corak warna bunga yang menarik.Sehingga tidak heran anggrek ini menjadi maskot propinsi kalimantan timur.

Anggrek hitam berbunga harum dan periode berbunganya bulan Mei-Juli. Lingkungan tumbuhnya di sepanjang aliran atau di tempat lembab dengan naungan. Anggrek jenis ini banyak ditemukan di daerah dataran rendah Kalimantan, Sumatera, Malaysia dan Filipina.

b. Dendrobium lasiantera (Dendrobium Papua/ Sepik River Blue)
Dendrobium lasiantera berasal dari Papua, menyukai curah hujan yang tinggi. Anggrek jenis ini memiliki bunga yang semarak dan jumlah kuntum bunga bisa melebihi 30 kuntum pertangkai. Bunga Dendrobium lasiantera dapat bertahan hingga 2 bulan. selain itu, bentuk petal yang tegak dan keriting dominan membuat jenis ini sangat digemari para penyilang anggrek.  


c. Dendrobium purpureum 
Dendrobium purpureum memiliki bunga bulat bergerombol dan muncul disepanjang tangkai dengan warna merah muda, ungu dan putih. Anggrek jenis ini tersebar di Sulawesi Utara, Kepulauan Banda dan Aru.

d. Dendrobium smilieae
Dendrobium smilieae merupakan anggrek asli dari Papua dan Australia. mahkota Bunga berwarna putih kehijauan atau merah jambu dengan ujung mahkota berwarna hijau serta menggerembol.Kondisi yang ekstreme seperti adanya stress air justru dapat emrangsang pembungaan.

e. Grammatophylum sp. (Anggrek Tebu)
Grammatophylum sp memiliki sepal dan petal berwarna kuning kehijauan dengan bercak coklat kehitaman. Panjang batangnya bisa mencapai 3 meter menyerupai tebu dengan ratusan kuntum pada satu pohon. Grammatophylum sp disebut sebagai anggrek terbesar di dunia, daerah sebarannya di Asia Tenggara, Papua dan kepulauan solomon.

2.Anggrek Hibrida
Anggrek Hibrida merupakan anggrek yang telah disilangkan berikut beberapa contoh anggrek hibrida:


a.Dendrobium sp 

b. Phalaenopsis 





c. Catteleya 





d. Vanda 



e. Oncidium


f. Paphiopedilum


وَهُوَ الَّذِي أَنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَخْرَجْنَا بِهِ نَبَاتَ كُلِّ شَيْءٍ فَأَخْرَجْنَا مِنْهُ خَضِرًا نُخْرِجُ مِنْهُ حَبًّا مُتَرَاكِبًا وَمِنَ النَّخْلِ مِنْ طَلْعِهَا قِنْوَانٌ دَانِيَةٌ وَجَنَّاتٍ مِنْ أَعْنَابٍ وَالزَّيْتُونَ وَالرُّمَّانَ مُشْتَبِهًا وَغَيْرَ مُتَشَابِهٍ ۗ انْظُرُوا إِلَىٰ ثَمَرِهِ إِذَا أَثْمَرَ وَيَنْعِهِ ۚ إِنَّ فِي ذَ‌ٰلِكُمْ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

Dan dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan Maka kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.
(Al-An'am :99)

Sumber:
Alquran alkariem
Kencana, I.P. 2007.Cara Cepat membungakan anggrek. PT Gramedia. Jakarta
Photo: Koleksi Penulis Pribadi

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons